MENJUAL HARTA WARISAN TANPA PERSETUJUAN AHLI WARIS LAINNYA?

PERMASALAHAN HUKUM:

Sejak tahun 2017, saya sudah tidak mempunyai Ayah dan Ibu (orang tua) lagi dikarenakan keduanya meninggal dunia dalam kecelakaan, keduanya beragama Islam. Setelah sepeninggal Ayah dan Ibu tersebut, harta peninggalan (harta warisan) orang tua sekarang dikuasai oleh Kakak saya dan kemudian menjual harta warisan tersebut ke Pembeli (X) tanpa persetujuan saya yang juga sebagai Ahli Waris dari harta warisan tersebut. Apakah tindakan dari Kakak saya yang menjual harta warisan tanpa ahli waris lainnya tersebut dapat dibenarkan? Terima Kasih.

 

JAWABAN:

Agama Islam melarang mendhalimi orang lain termasuk seorang Ahli Waris atau diantara Ahli Waris yang menjual harta warisan yang masih atas nama orang tuanya tanpa persetujuan Ahli Waris Lainnya.

Pada prinsipnya, harta warisan tersebut milik semua Ahli Waris, dengan demikian pihak yang menjual tanpa persetujuan Ahli Waris Lainnya tidak dapat dibenarkan. Apabila hal tersebut terjadi, maka pihak yang menjual dapat dituntut untuk mengganti kerugian Ahli Waris yang lain tersebut senilai bagian masing-masing menurut ketentuan hukum waris.

 

INFORMASI LEBIH LANJUT HUBUNGI:

0852-0088-2017 (TELP/WA/SMS)